Rabu, 02 Agustus 2023

SOSIALISASI QRIS






*Sosialisasi Program QRIS untuk Masjid*

Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari,  Rabu, 2 Agustus 2023, pukul 13.00 s/d selesai bertempat di Balai desa Somagede Banyumas 

Menindak lanjuti Surat Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Banyumas Nomor B.3691/Kk.11.2/6/BA.01/07/2023 tgl 5 Juli 2023, perihal program QRIS untuk Masjid di Kabupaten Banyumas, Maka pada hari Rabu, tanggal 2 Agustus 2023, KUA Kecamatan Somagede yang dalam hal ini dimotori FKPAI Somagede mengundang segenap Takmir Masjid se Kecamatan Somagede untuk menghadiri acara tersebut.

Dalam Sambutannya mewakili Kepala KUA Somagede yang berhalangan hadir, Bapak Budiman, S.Ag. yang merupakan Penyuluh Agama Islam Fungsional, FKPAI dibantu oleh Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Somagede menyebarkan undangan sejumlah 54 lembar undangan untuk Takmir Masjid se Kecamatan Somagede, dan Alhamdulillah sesuai daftar hadir, acara tersebut dihadiri oleh 54 Takmir Masjid se Kecamatan Somagede atau bisa dikatakan hadir semua sesuai undangan.

Adapun tentang Program QRIS untuk Masjid di masa mendatang akan sangat bermanfaat mengingat era zamannya adalah Digitalisasi, lanjut beliau.

Sosialisasi tersebut diisi 3 orang Narasumber dari Bank BSI Cabang Sokaraja.

Mengawali Sosialisasi tersebut Bapak Boy Teddyanto selaku Branch Manager BSI Cabang Sokaraja memperkenalkan pengertian QRIS itu sendiri kepada para Takmir Masjid.

QRIS adalah standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Fungsi QRIS adalah untuk memudahkan proses transaksi dengan QR code agar lebih cepat, dan terjaga keamanannya. Atau dengan kata lain yang lebih mudah QRIS adalah Sistem Pembayaran dengan sistem barcode.

Kedepan, jika Masjid sudah mempunyai QRIS maka akan memudahkan masyarakat atau jamaah untuk berinfaq melalui mobile banking tanpa mengeluarkan uang cash. Sehingga sangat memungkinkan dijangkau oleh siapapun yang berjarak sangat jauh sekalipun.

Program QRIS Untuk Masjid merupakan Kerjasama antara Bank Indonesia dengan Pemerintah khususnya Kementerian Agama, untuk itu pihak Bank memberikan berbagai kemudahan untuk para Takmir agar bisa membuat QRIS,

Persyaratan yang perlu disiapkan oleh Takmir Masjid antara lain, PC KTP Ketua&Bendahara Takmir Masjid, Susunan Pengurus Takmir Masjid dan stempel Masjid.

Pembuatan QRIS untuk Masjid juga gratis biaya administrasi pembuatan maupun bulanan, juga tanpa perlu setoran awal.

Pada prakteknya untuk transaksi QRIS juga bebas biaya transfer dari Bank manapun, demikian pemaparan dari Tim BSI.

Begitu banyak manfaat QRIS untuk Masjid, sehingga para Takmir berantusias untuk segera mengajukan pembuatannya.

Dari data yang masuk, awal pengajuan yang telah masuk ada 25 berkas dari Takmir Masjid yang hadir pada acara tersebut.

Tim dari BSI juga masih memberikan kesempatan bagi Masjid yang ingin dibuatkan QRIS namun belum sempat membawa persyaratannya.

Takmir Masjid cukup datang ke KUA Somagede untuk memberikan persyaratan yang dibutuhkan pada pak Budiman, selanjutnya adalah pihak BSI yang akan mengambil berkas tersebut.

Di akhir acara pak Budiman sempat mewawancarai salah satu Takmir Masjid dari Tanggeran yaitu Bapak Anshori tentang tanggapannya mengenai acara tersebut, pak Anshori mengatakan bahwa acara sosialisasi hari ini sangat memudahkan dan membantu para Takmir. Beliau juga menghimbau agar para Takmir yang belum membuat untuk segera membuatnya juga.

Akhirnya acara lancar, sukses, dan berakhir kurang lebih pada pukul 15.00 WIB, diakhiri dengan sesi photo bersama Penyuluh Agama Islam Somagede bersama Tim BSI Cabang Sokaraja.

Oleh Nuryati,S.H.

(Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Somagede)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar